https://jurnal.stmi.ac.id/index.php/jocss/issue/feed Journal of Community Services in Sustainability 2024-05-28T04:37:59+00:00 Dr. Siti Aisyah, S.T., M.T. sitiaisyah@stmi.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Journal of Community Services in Sustainability (JOCSS)</strong> is a medium for disseminating the results of community service implementation which are presented based on the principles of writing scientific articles. The scope of scientific fields in this journal consists of various fields of knowledge or multidisciplinary sciences which aim to improve empowerment and service, the application of Industry 4.0 and the application of appropriate technology in the Micro, Small and Medium Enterprises Industry (MSMEs). This journal is published twice a year (April and October) and is managed by the Research and Community Service Unit (P2M), STMI Jakarta Polytechnic. <strong>Accepted manuscripts can be in Indonesian or English, after going through a through peer-review process</strong>.</p> https://jurnal.stmi.ac.id/index.php/jocss/article/view/178 Perancangan Order Management System Berbasis Web Application untuk IKM Garmen 2023-09-21T03:51:42+00:00 Tina Martina tina-martina@kemenperin.go.id Irfandhani Fauzi fauzi.fandhani@gmail.com Ursae Pramesvari ursae@kemenperin.go.id Akbar Ramadhan akbarramadhan@gmail.com Lily Nafisa Asri lilynafisa@gmail.com <p>Industri 4.0 merupakan upaya transformasi menuju perbaikan dengan mengintegrasikan media online dan lini produksi di industri, di mana semua proses produksi berjalan dengan internet sebagai penunjang utama. Pandemi Covid-19 telah mempercepat transformasi digital di berbagai industri, salah satunya industri garmen. Hal ini dikarenakan para pelaku industri dituntut untuk menemukan cara agar dapat mempertahankan bisnis yang dijalankan di era new normal. Para pelaku industri garmen berskala kecil dan menengah pun diharapkan dapat mengikuti adanya transformasi digital untuk memberikan pelayanan yang mudah, cepat, dan dinamis bagi konsumennya. Kegiatan yang dilakukan adalah pembuatan suatu sistem informasi yang dapat membantu proses pemantauan seluruh aktivitas pengelolaan pesanan, seperti pencatatan pesanan yang dibuat oleh konsumen, monitoring status pesanan selama proses produksi hingga pengiriman pesanan, pengelolaan dokumen pesanan, dan pembuatan laporan. Sistem informasi yang dibangun adalah Order Management System (OMS). Perancangan dasar OMS dilakukan berdasarkan proses bisnis yang ada pada industri garmen berskala kecil dan menengah secara umum. Program OMS kemudian juga dirancang untuk dapat diimplementasikan pada berbagai industri garmen berskala kecil dan menengah, melalui penyesuaian dengan proses bisnis yang ada pada industri tersebut. Perancangan OMS terdiri dari beberapa tahapan yaitu dimulai dari tahap analisis, desain, pengkodean, pengujian kelayakan dan implementasi pada IKM garmen. Dengan adanya program OMS ini diharapkan dapat memudahkan industri dalam pengolahan data, meminimalisir kesalahan, dan memberikan kepuasan pelanggan.</p> <p> </p> 2024-04-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Community Services in Sustainability https://jurnal.stmi.ac.id/index.php/jocss/article/view/205 Implementasi Pemanfaatan Sistem Informasi Peramalan Kebutuhan Suku Cadang Kendaraan Berbasis Web 2023-12-22T04:57:11+00:00 Finna Suroso finnasuroso@gmail.com Gita Mustika Rahmah gmrahmah@kemenperin.go.id Mailia Putri Utami mailiaputri@kemenperin.go.id <p><em>Workshops that are newly established often lack adequate system conditions for their business processes, and this is no exception for the common issue of inventory management. The problem typically faced is that the spare parts inventory process does not utilize an information system capable of predicting the needs of spare parts stock. This leads to unavailability of spare parts when there is demand and results in overstock of unused spare parts in the workshop.This community service report aims to implement the utilization of an information system that can forecast the need for automotive spare parts stock for the following month, preventing shortages or overstock. This, in turn, facilitates the front desk in managing spare parts data, checking stock levels, minimizing errors in spare parts orders, and completing tasks efficiently.The information system will be beneficial for the workshop to forecast the spare parts needed for future stocking, avoiding shortages or excess inventory. The user-friendly interface of this information system ensures that the workshop staff can easily comprehend and use it..</em></p> <p><strong>Keywords:</strong> <em>Forecasting; requirements; spare part; workshops</em></p> <p>Bengkel Kendaraan yang baru merintis biasanya belum memiliki kondisi perangkat sistem yang memadai untuk proses bisnisnya tidak terkecuali permasalahan yang sering dihadapai yaitu proses persediaan suku cadang belum menggunakan sistem informasi yang dapat meramalkan kebutuhan stok persediaan suku cadang, sehingga menyebabkan ketidaktersediaan suku cadang pada saat ada permintaan dan menyebabkan overstock suku cadang yang tidak digunakan pada bengkel. Laporan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk implementasi pemanfaatan sebuah sistem informasi yang dapat meramalkan kebutuhan stok suku cadang mobil pada bulan berikutnya sehingga tidak terjadi kekurangan atau overstock suku cadang sehingga mempermudah front desk dalam melakukan pendataan suku cadang, melihat stok suku cadang, meminimalisir terjadinya kesalahan order suku cadang dan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan efisien. Sistem Informasi ini akan berguna bagi bengkel untuk meramalkan kebutuhan suku cadang yang akan mereka stok kedepanya agar tidak terjadi kekurangan atau kelebihan suku cadang. Sistem informasi ini mempunyai user interface yang mudah digunakan sehingga bengkel akan lebih mengerti.</p> <p><strong>Kata kunci</strong>: <em>Peramalan; </em><em>kebutuhan; Suku Cadang; Bengkel</em></p> 2024-04-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Community Services in Sustainability https://jurnal.stmi.ac.id/index.php/jocss/article/view/203 Peningkatan Kualitas Produk Insert Knob dengan Pembuatan PA 6,6/PP di PT Injeksi Plastik Pasifik 2024-01-19T09:34:11+00:00 Erfina Oktariani erfina@kemenperin.go.id Muhammad Aqiilah Fikri maqiilahfikri@gmail.com <p>PT Injeksi Plastik Pasifik merupakan salah satu produsen komponen-komponen otomotif berbahan plastik, sehingga menarik untuk dilaksanakan pendekatan secara langsung ke perusahaan untuk mengetahui permasalahan yang sedang dihadapi. Proses produksi yang menggunakan biji plastik berulang, biasanya memberikan kualitas produk yang kurang baik dan perlu perbaikan. Produk-produknya termasuk insert knob berbahan dasar poliamida 6,6 yang sering mengalami retakan dalam proses produksi. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat khususnya PT Injeksi Plastik Pasifik kali ini bertujuan untuk mengurangi produk cacat dengan membuat campuran poliamida 6,6 dengan polipropilena pada bahan baku. Program pengabdian masyarakat ini diharapkan nantinya dapat memberikan manfaat berupa solusi kepada tim produksi sehingga dapat mempercepat proses produksi serta mengurangi produk cacat yang dapat menekan biaya produksi. Polipropilena digunakan karena memiliki berbagai keunggulan dalam industri otomotif. Hasil survei menunjukkan keberhasilan program dengan baik. Program ini berhasil meningkatkan kualitas produk insert knob dan memberdayakan PT Injeksi Plastik Pasifik dalam meningkatkan kemampuan manajemen dan kapasitas produksinya. Meskipun ada beberapa kendala dalam uji coba produk, program ini dinilai cukup puas oleh mitra industri.</p> 2024-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Community Services in Sustainability https://jurnal.stmi.ac.id/index.php/jocss/article/view/271 Business Process Improvement Melalui Penambahan Alat Bantu Oil Drain Pada PT Komatsu Indonesia 2024-05-03T06:26:43+00:00 Fredy Sumasto fredy.sumasto90@gmail.com Muhamad Agus m-agus@kemenperin.go.id Suriadi A. Salam suriadi@kemenperin.go.id Abi Sufyan Fathullah abisufyanfathullah@gmail.com <p><em>This article outlines the results of the Community Service, which aims to improve business processes at PT Komatsu Indonesia by adding oil drain tools. The main problem identified was wasting time and resources in draining waste oil from testing components in the Hydraulic Tester Machine (HTM). To solve this problem, we designed and implemented a tool in the form of an oil pump hose jig that is integrated directly into the reservoir. As a result, draining waste oil can be done more efficiently and safely, reducing the potential waste of time and the risk of work accidents. In addition, suggestions for further development include improving the tool's design by paying attention to ergonomic and biomechanical aspects and reliability tests to determine the life and reliability of the tool. Hopefully, implementing this tool can provide more optimal benefits in improving the efficiency of business processes and the welfare of workers at PT Komatsu Indonesia.</em></p> <p>&nbsp;</p> <p>Artikel ini menguraikan hasil dari Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang bertujuan untuk meningkatkan proses bisnis di PT Komatsu Indonesia melalui penambahan alat bantu oil drain. Masalah utama yang diidentifikasi adalah pemborosan waktu dan sumber daya dalam proses pengurasan limbah oli hasil pengujian komponen-komponen di Hydraulic Tester Machine (HTM). Untuk mengatasi masalah ini, kami merancang dan mengimplementasikan alat bantu berupa jig hose oil pump yang terintegrasi langsung di dalam bak penampungan. Hasilnya, proses pengurasan limbah oli dapat dilakukan secara lebih efisien dan aman, mengurangi potensi pemborosan waktu dan risiko kecelakaan kerja. Selain itu, saran untuk pengembangan selanjutnya termasuk peningkatan desain alat bantu dengan memperhatikan aspek ergonomis dan biomekanika serta realibility test untuk mengetahui umur dan keandalan alat bantu. Diharapkan, implementasi alat bantu ini dapat memberikan manfaat yang lebih optimal dalam meningkatkan efisiensi proses bisnis dan kesejahteraan pekerja di PT Komatsu Indonesia.</p> 2024-05-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Community Services in Sustainability https://jurnal.stmi.ac.id/index.php/jocss/article/view/275 Pelatihan Pengolahan Sabut Kelapa Menjadi Jok Motor di Desa Kalapagenep Tasikmalaya 2024-05-28T01:19:20+00:00 Abdul Wahid Arohman wahidar@stmi.ac.id Muhamad Agus m.agus@stmi.ac.id Dewi Auditiya Marizka dewiauditiya@stmi.ac.id Irma Agustiningsih Imdam irma_ai@stmi.ac.id Edwin Sahrial Solih edwin.solih@stmi.ac.id <p><em>This article is the result of a Community Service activity aimed at enhancing the creativity of the residents of Kalapagenep Village, Tasikmalaya, in managing coconut husk waste. The identified problem is that coconut husk waste is processed into cocopeat and cocofiber has not been widely utilized to create new products. To address this issue, we conducted training on processing coconut husk into cocopeat and coco fiber to produce high-value commodities. As a result, a motorcycle accessory product in the form of a motorcycle seat filled with coco fiber has been successfully created. It is hoped that this training will provide positive benefits to the local community and become a new source of livelihood, helping to reduce unemployment.</em></p> <p>Artikel ini merupakan hasil dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas masyarakat Desa Kalapagenep Tasikmalaya dalam mengelola limbah sabut kelapa. Masalah yang diidentifikasi yakni limbah sabut kelapa yang telah diproses menjadi <em>cocopeat </em>dan <em>cocofiber</em> masih belum banyak dimanfaatkan menjadi produk baru. Untuk mengatasi masalah tersebut, kami melakukan kegiatan pelatihan pengolahan sabut kelapa <em>cocopeat </em>dan <em>cocofiber </em>menjadi komoditas yang bernilai jual tinggi. Hasilnya sebuah produk aksesoris sepeda motor berupa jok motor dengan isian jok berupa <em>cocofiber</em> telah berhasil dibuat. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan manfaat yang positif untuk masyarakat sekitar dan menjadi ladang mata pencaharian baru yang mampu mengurangi pengangguran.</p> 2023-05-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Community Services in Sustainability https://jurnal.stmi.ac.id/index.php/jocss/article/view/274 Usulan Integrasi Data Absensi dengan Teknologi Fingerprint menggunakan Server Internal Perusahaan Sebagai Solusi Penerapan Indi 4.0 di PT Fuji Seat Indonesia 2024-05-27T14:04:55+00:00 Desy Agustin desyagustinn@gmail.com Abdul Wahid Arohman wahidar@stmi.ac.id Mustofa Mustofa mustofa@stmi.ac.id Dianasanti Salati dianasanti@stmi.ac.id Kenny Lai kennylai@gmail.com Adhitya Nugraha Duwan Putra Adhitya@gmail.com Felizia Gabriella Simajuntak felizia@gmail.com <p>Revolusi industri 4.0 mendorong integrasi teknologi cyber dalam ranah industri, termasuk penggunaan Big Data, Cloud Computing, manufaktur aditif, Internet of Things (IoT), dan kecerdasan buatan. Perusahaan-perusahaan, termasuk PT Fuji Seat Indonesia, mulai menerapkan teknologi untuk memperbarui sistem absensi karyawan dari yang awalnya manual menjadi berbasis digital, menggunakan teknologi fingerprint, sensor mata, atau pengenalan wajah. Dalam konteks ini, integrasi data absensi dengan teknologi fingerprint melalui Server Intranet Internal Perusahaan di PT Fuji Seat Indonesia memberikan manfaat dalam keamanan, efisiensi manajemen, dan peningkatan produktivitas. Sebelum integrasi, proses bisnis terfragmentasi dan bergantung pada pelaporan manual, sementara setelah integrasi, terjadi transformasi signifikan dalam pengelolaan akses, pengurangan biaya dan waktu, serta peningkatan akurasi data. Dengan demikian, integrasi ini membawa dampak positif terhadap efisiensi dan produktivitas perusahaan</p> 2023-05-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Community Services in Sustainability https://jurnal.stmi.ac.id/index.php/jocss/article/view/277 Implementasi Jig Welding Untuk Meningkatkan Efisiensi Pengelasan Frame Base 2024-05-28T04:37:59+00:00 Sanurya Putri Purbaningrum sanuryap@gmail.com Johannes Johannes Johannes@gmail.com Febriza Imansuri febrizaimansuri@kemenperin.go.id Dianasanti Salati dianasanti@stmi.ac.id Edwin Sahrial Solih edwin.solih@stmi.ac.id <p><em>Pengelasan adalah proses penting dalam pembuatan komponen logam, termasuk base frame, yang membutuhkan presisi dan efisiensi tinggi. Namun, proses pengelasan manual sering kali menghadapi masalah ketidakstabilan dan ketidakkonsistenan hasil. PkM ini bertujuan untuk mengimplementasikan jig welding dalam proses pengelasan base frame guna meningkatkan efisiensi dan kualitas hasil pengelasan. Jig welding dirancang untuk menahan dan menempatkan material dengan presisi, mengurangi waktu penataan, serta meminimalkan kesalahan manusia. Melalui penggunaan jig welding, diharapkan dapat terjadi peningkatan signifikan dalam efisiensi waktu dan pengurangan biaya produksi, sekaligus meningkatkan keselamatan kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi jig welding dapat meningkatkan kecepatan proses pengelasan hingga 80%, mengurangi cacat pengelasan, dan memperbaiki kualitas </em></p> 2023-05-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Community Services in Sustainability