Analisis Penerapan Manajemen Laboratorium Prodi Teknik Kimia Polimer Politeknik STMI Jakarta

Authors

  • Silvia Silvia Politeknik STMI Jakarta
  • Fitria Ika Aryanti Politeknik STMI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52330/jtm.v20i2.55

Keywords:

Laboratorium, Manajemen, Metode POAC, Pendidikan, Organisasi

Abstract

Laboratorium yang baik memiliki manajemen laboratorium yang memadai guna untuk mengatur tujuan/visi dari laboratorium. Pada penelitian ini, dilakukan analisis manajemen laboratorium Program Studi Teknik Kimia Polimer, Politeknik STMI Jakarta. Analisis ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana penerapan manajemen laboratorium. Laboratorium ini digunakan untuk menunjang praktikum mahasiswa, penelitian mahasiswa dan dosen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan studi literatur, wawancara dan observasi dengan pendekatan metode POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling). Pengolahan data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil aspek perencanaan sebesar 85%, aspek pengorganisasian sebesar 33%, aspek pelaksanaan sebesar 50% dan untuk aspek pengawasan sebesar 50%. Walaupun dari aspek perencanaan sudah baik dengan nilai 85% namun untuk aspek lainnya seperti pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan memiliki nilai kurang atau sama dengan 50%.

References

Adriani, N. (2016). Analisis Manajemen Laboratorium Kimia Sma Negeri di Kota Tanjungpinang Guna Meningkatkan Kompetensi Guru dan Peserta Didik. Jurnal Zarah, 4(1), 1–8.

Akbar, K., Hamdi, H., Kamarudin, L., & Fahruddin, F. (2021). Manajemen POAC pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus BDR di SMP Negeri 2 Praya Barat Daya). 7(1), 167–175. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.2959

Darsana, W., Sadia, W., Tika, N., Kunci, K., Standar, :, & Alat, K. (2014). Analisis Standar Kebutuhan Laboratorium Kimia dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SMA Negeri Kabupaten Bangli. 4(1).

Depdiknas. (2008). Peraturan Pemerintah Nomor 26 tahun 2008. Depdiknas.

Fiska, M., Hamidah, A., & Budiarti, R. S. (2017). Analisis Pelaksanaan Manajemen Laboratorium Pada Pembelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri Kabupaten Muaro Jambi. https://repository.unja.ac.id/2386/

Hamidah, A., Sari, N., Dan, R. B.-S. J. S., & 2013, U. (2013). Manajemen laboratorium biologi beberapa SMA swasta di kota Jambi. 7(1), 1–10.

Indrawan, I., Safita, R., Novalyan, D., Mahdayeni, M., Elsha, R. Y., Rochbani, I. T. N., Adiati, A., Jaya, E. P., Syafitri, R., Susanti, T., Maryani, & E. (2013). Manajemen Laboratorium Pendidikan (Vol. 53, Issue 9). CV. PENERBIT QIARA MEDIA.

Iswanto, D., & Mulyono, H. B. (2021). Analisis Manajemen Laboratorium Terpadu Mikroskopis Di Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih Jayapura Papua (Studi Kasus). 4(1), 21–29. https://doi.org/10.22146/ijl.v4i1.65346

Kartikasari, S. N. (2019). Peran Laboratorium Sebagai Pusat Riset Untuk Meningkatkan Mutu Dari Lembaga Pendidikan Pada Jurusan THP_FTP_UNEJ. Jurnal Temapela, 2(1), 17–27. https://doi.org/10.25077/TEMAPELA.2.1.17-27.2019

Lestari, N. A., Niswati, M., Jauhariyah, R., & Deta, U. A. (2017). Pelatihan Manajemen Laboratorium Untuk Pengelola Laboratorium Ipa Tingkat Sma Di Kabupaten Bojonegoro. 3, 17–21. https://doi.org/10.26740/ja.v3n1

Sari, S., Dayana, D., Ida, F. (2018). Analisis Profil Manajemen Laboratorium Dalam Pembelajaran Kimia Di Sma Wilayah Sumedang. Jurnal Tadris Kimiya, 3(1), 73–82.

Susilo, B. (2018). Manajemen Laboratorium Dalam Upaya Mewujudkan Prestasi Belajar IPA. Media Manajemen Pendidikan, 1(2), 225. https://doi.org/10.30738/MMP.V1I2.3256

Downloads

Published

2022-08-14