Audit Sistem Informasi Dampak Kepuasan Pelanggan Tokopedia Menggunakan Metode Pieces Framework
Keywords:
audit, sistem informasi, kepuasan pelanggan, Metode PiecesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak kepuasan pelanggan terhadap sistem informasi Tokopedia di kalangan mahasiswa Politeknik STMI Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PIECES Framework, yang meliputi enam dimensi utama: Performance (kinerja), Information (informasi), Economics (ekonomi), Control (kontrol), Efficiency (efisiensi), dan Service (layanan). Analisis dilakukan untuk mengidentifikasi sejauh mana sistem informasi Tokopedia memenuhi harapan pengguna dalam hal kecepatan, keandalan informasi, biaya transaksi, keamanan, kemudahan penggunaan, dan kualitas layanan pelanggan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kinerja dan efisiensi merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Mahasiswa menyatakan bahwa sistem Tokopedia cukup responsif, namun beberapa masalah terkait keandalan informasi dan keamanan masih menjadi perhatian utama. Rekomendasi perbaikan diberikan untuk meningkatkan kualitas sistem informasi, terutama dalam aspek kontrol dan layanan purna jual, guna meningkatkan kepuasan pengguna di kalangan mahasiswa. Dengan temuan ini, diharapkan bahwa pihak Tokopedia dapat mengadopsi rekomendasi yang diberikan untuk memperbaiki aspek yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, khususnya dalam lingkungan akademik. Pada penelitian ini pengukuran dilakukan dengan menggunakan framework PIECES memberikan rata-rata 3.9 pada skala Likert. Kemudian untuk Layanan Sistem Informasi Aplikasi Tokopedia diklasifikasikan sebagai PUAS
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Manufacturing and Enterprise Information System
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.