Pembangunan Website E-Commerce pada Toko Beads Accessories Dengan Metode Waterfall

Authors

  • Fitri Andriani Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Nurfaizah Nurfaizah

DOI:

https://doi.org/10.52330/jmeis.v3i1.381

Keywords:

e-commerce, toko online, web

Abstract

Perkembangan teknologi digital dan internet telah mengubah paradigma perdagangan tradisional menuju sistem e-commerce yang memungkinkan pelaku usaha menjangkau pasar yang lebih luas. Toko Beads Accessories, sebuah usaha kecil yang bergerak dalam penjualan aksesoris berbahan manik-manik, mengatasi tantangan keterbatasan jangkauan pemasaran dan penjualan konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem toko online berbasis web e-commerce guna mengoptimalkan proses penjualan, memperluas jangkauan konsumen, dan meningkatkan efisiensi bisnis. Web Ec-Commerce  dikembangkan dengan metode waterfall. Penelitian ini menghasilkan website penjualan yang memungkinkan pengguna melakukan transaksi secara langsung menggunakan platform website tersebut.

References

M. Nazar and Tertia Salsabila, “Pemanfaatan Potensi E-Commerce pada Peningkatan Keragaman Bisnis Lokal di Sulawesi Selatan; Perspektif Transformasi Digital,” GIAT Teknol. untuk Masy., vol. 3, no. 1, pp. 25–37, 2024, doi: 10.24002/giat.v3i1.9152.

B. Pressman, Roger .S; Maxim, Software Engineering: A Practitioner’s Approach Eighth Edition, 8th ed. New York: Mc Graw Hill Education, 2015.

M. Susilo, “Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall,” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 2, no. 2, pp. 98–105, 2018, doi: 10.30743/infotekjar.v2i2.171.

D. T. S.Cindy Rahmawati, “PENELUSURAN PROSES PENGEMBANGAN APLIKASI E-SHOP BAJU DENGAN PENDEKATAN METODE WATERFALL,” vol. 2, pp. 139–143, 2024.

W. A. Putra, I. Fitri, and D. Hidayatullah, “Implementasi Waterfall dan Agile dalam Perancangan E-Commerce Alat Musik Berbasis Website,” J. JTIK (Jurnal Teknol. Inf. dan Komunikasi), vol. 6, no. 1, pp. 56–62, 2022, doi: 10.35870/jtik.v6i1.380.

J. Prima, J. Sistem, I. Komputer, and V. No, “PERANCANGAN APLIKASI E-COMMERCE PADA TOKO LILI DENGAN PENERAPAN METODE WATERFALL,” vol. 5, no. 1, pp. 33–36, 2021.

R. Antoro, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Dengan Menggunakan Metode Waterfall Pada Kwt Rahayu Jurug,” JAMI J. Ahli Muda Indones., vol. 2, no. 2, pp. 91–105, 2021, doi: 10.46510/jami.v2i2.74.

R. S. M. A S, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2015.

R. Dan, IT Investment Making a Business Case (Computer Weekly Professional Series), vol. 11, no. 1. Oxford: Butterworth Heinemann, 2019. [Online]. Available: http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

P. Leloudas, Introduction to Software Testing. Iliuopoli: Apress, 2023. doi: 10.1007/978-1-4842-9514-4.

Downloads

Published

2025-04-24

How to Cite

Andriani, F., & Nurfaizah, N. (2025). Pembangunan Website E-Commerce pada Toko Beads Accessories Dengan Metode Waterfall. Journal of Manufacturing and Enterprise Information System, 3(1), 41-52. https://doi.org/10.52330/jmeis.v3i1.381