Pengembangan Media Koper Digital IPA Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.52330/jmeis.v3i1.417Keywords:
Media Pembelajaran, Android Studio, Motivasi Belajar, Koper Digital IPAAbstract
Kurangnya media pembelajaran berbasis teknologi di SMPN 4 Woha berdampak pada rendahnya motivasi belajar siswa. Proses pembelajaran yang masih manual dan monoton menjadi hambatan utama dalam menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan efektif. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa hanya 40% siswa yang memiliki motivasi tinggi dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android bernama Koper Digital IPA yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII-1 di SMPN 4 Woha di Bima. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan model Rapid Application Development (RAD). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner, melibatkan 20 siswa kelas VIII-1 sebagai sampel penelitian. Validasi dilakukan oleh dua ahli media dan dua ahli materi, serta diikuti dengan uji coba kelompok kecil dan besar pada siswa. Data dianalisis secara kuantitatif menggunakan perhitungan skala Likert dan statistik deskriptif. Hasil validasi produk dan data kuisioner siswa digunakan untuk menilai efektivitas media pembelajaran. Media pembelajaran ini dinyatakan sangat layak oleh ahli media (skor rata-rata 4,8 atau 96%) dan ahli materi (skor rata-rata 4,6 atau 92%). Uji coba pada siswa menunjukkan peningkatan motivasi belajar sebesar 35%, dari rata-rata awal 60% menjadi 95% setelah menggunakan media pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa Koper Digital IPA efektif meningkatkan motivasi belajar siswa.
References
M. R. Akbar, S. H. Hanafi, U. Widayati, and R. Ramli, “Kelayakan Media Pembelajaran Flashcard Interaktif dalam Pemanfaatannya pada Pembelajaran yang Berintegrasi pada Budaya Lokal (Leksikon Kuliner Bima),” J. Pendidik. dan Pembelajaran Indones., vol. 4, no. 4, pp. 1405–1417, 2024, doi: 10.37985/murhum.v4i2.330.
B. I. Suwandayani, D. W. Ekowati, and A. N. Fadillah, “Dakon Koper Media of the Least Common Multiple and Greatest Common Divisor Materials for the Elementary School Students,” Tadris J. Kegur. dan Ilmu Tarb., vol. 5, no. 2, pp. 317–326, 2020.
N. H. Nissa, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Android Studio pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok Kelas VIII SMP.” Universitas Islam Riau, 2021.
R. S. Miasari, C. Indar, P. Purwoto, U. H. Salsabila, U. Amalia, and S. Romli, “Teknologi pendidikan sebagai jembatan reformasi pembelajaran di Indonesia lebih maju,” J. Manaj. Pendidik. Al Hadi, vol. 2, no. 1, pp. 53–61, 2025, doi: 10.31602/jmpd%20al%20hadi.v2i1.6389.
I. Fazar, Z. Zulkardi, and S. Somakim, “Pengembangan bahan ajar program linear menggunakan aplikasi geogebra berbantuan android di Sekolah Menengah Atas,” J. Penelit. dan Pembelajaran Mat., vol. 9, no. 1, 2016, doi: 10.30870/jppm.v9i1.974.
R. Ariawan and A. Wahyuni, “The effect of applying TPS type cooperative learning model assisted by SPSS software on students’ skills in IT-based statistical data analysis course,” in Journal of Physics: Conference Series, IOP Publishing, 2020, p. 12027.
I. Widyasari, Z. Zetriuslita, E. Istikomah, and S. Herlina, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dikelas VIII SMP,” J. Deriv. J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 8, no. 1, pp. 61–71, 2021, doi: 10.31316/j.derivat.v8i1.1678.
M. Abi Hamid, R. Ramadhani, M. Masrul, J. Juliana, M. Safitri, and M. Munsarif, “& Simarmata, J.(2020),” Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis, 2020.
M. Mariamah et al., “Ability to Write Scientifically with a Local Base Through the Application of the Drill Method of Mathematics,” KnE Soc. Sci., pp. 438–448, Apr. 2024, doi: 10.18502/kss.v9i13.15946.
D. Sugiyono, “Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D,” 2013.
S. Paling et al., Media Pembelajaran Digital. Tohar Media, 2024.
A. WULANDARI, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA DASAR-DASAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN UNTUK”, doi: 10.1088/1742-6596/1581/1/012027.
M. H. Putri, M. Jannah, I. Fitriati, and R. Ridwan, “Effectiveness of Using Mit App Inventor at STKIP Taman Siswa Bima,” JUSTIN (Jurnal Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 12, no. 2, pp. 351–356, 2024, doi: 10.26418/justin.v12i2.76628.
W. Wahyudin, I. Fitriati, and I. Ilyas, “Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Perakitan Laptop untuk Meningkatkan Keterampilan Teknis dan Kompetensi Siswa SMK,” Decod. J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 4, no. 3, pp. 937–947, 2024, doi: 10.51454/decode.v4i3.797.
S. T. Siska et al., “Arsitektur Komputer Modern.” PT Penamuda Media, 2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal of Manufacturing and Enterprise Information System

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.