Re-Design Antarmuka Pengguna Pada Website Kalani Bags Menggunakan Metode Goal Directed Design

Authors

  • Mailia Putri Utami Politeknik STMI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52330/jmeis.v1i1.99

Keywords:

Re-Design, Kalani Bags, Goal Directed Design

Abstract

Perkembangan zaman di era digital saat ini tidak bisa dipungkiri kecanggihannya, salah satunya dapat dilihat di bidang e-commerce. Berkembangnya e-commerce dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya, yaitu meningkatnya kreativitas masyarakat dan perkembangan teknologi informasi yang membuat proses bisnis bisa dilakukan secara online. Tidak sedikit orang yang membuat e-commerce melalui blog mereka masing-masing. Beberapa keuntungan jika melalui blog yaitu dapat mengatur bagaimana proses bisnis itu terjadi, sebagai contoh Kalani Bags. E-commerce asal Bandung ini, mempunyai blog sendiri untuk berinteraksi dengan para pelanggannya. Website dengan nama kalanibags.com ini tidak hanya menyediakan tas saja. Dari baju hingga sepatu pun tersedia. Tujuan dari penelitian, website Kalani Bags merupakan website baru yang diamati peneliti pada website tersebut masih kurang mengikuti standar tampilan pada halaman user interfacenya, oleh dari itu diterapkannya metode goal directed design untuk memberikan perancangan desain yang sesuai dengan standar tampilan aplikasi. Goal Directed Design adalah sebuah metode perancangan design yang berfokus pada tujuan dan kebutuhan user dan menerjemahkannya ke dalam bentuk design user interface. Hasil dari penelitian ini adalah sebagian tampilan website Kalani Bags memerlukan redesain sebagai desain aplikasi yang sesuai dengan standar kebutuhan user. Kesimpulan proses re-desain berdasarkan hasil penelitian ini dirasa perlu dilakukan oleh pengembang website agar website tersebut dapat terus digunakan dan terpakan untuk terus bisa meningkatkan proses bisnis penjualan tas.

Downloads

Published

2023-04-14

How to Cite

Utami, M. P. (2023). Re-Design Antarmuka Pengguna Pada Website Kalani Bags Menggunakan Metode Goal Directed Design. Journal of Manufacturing and Enterprise Information System, 1(1), 32-42. https://doi.org/10.52330/jmeis.v1i1.99