Pengendalian Persediaan Barang-Barang Penunjang Kerja dengan Metode Economic Order Quantity pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Jakarta

Authors

  • Warsono Warsono Institut Ilmu Sosial dan Manajemen Stiami
  • Resista Vikaliana Universitas Pertamina
  • Irwansyah Irwansyah STIES Gasantara

DOI:

https://doi.org/10.52330/jtm.v21i2.122

Keywords:

Bubblepack, Economic Order Quantity, Manajemen Persediaan, Rantai Pasokan, Total Biaya Persediaan

Abstract

Setiap perusahaan didirikan dengan tujuan mencapai berbagai macam tujuan, termasuk memperoleh keuntungan dan menjaga kelancaran proses operasional. Kelancaran proses operasional sangat dipengaruhi oleh faktor pengadaan dan pengendalian barang persediaan penunjang kerja. PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), sebagai perusahaan jasa ekspedisi pengiriman ekspres di Indonesia, juga menghadapi ketidakpastian dalam rantai pasok, termasuk ketidakpastian pengiriman dan harga barang persediaan. Dalam hal ini, persediaan barang dapat berlebih atau kekurangan. Persediaan barang di PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) menjadi fokus penelitian ini. Penelitian ini memilih Bubblepack sebagai objek penelitian karena memiliki karakteristik volume yang besar, memerlukan biaya penyimpanan yang signifikan, dan digunakan secara rutin untuk operasional perusahaan. Data perusahaan menunjukkan kelebihan stok Bubblepack dan kehabisan stok yang mengakibatkan biaya yang tidak efisien. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kualitas persediaan barang dengan membandingkan metode yang telah dilakukan oleh perusahaan dengan metode Economic Order Quantity (EOQ), serta menganalisis total biaya persediaan yang terlibat. Metode EOQ diterapkan untuk membantu menentukan jumlah persediaan optimal yang dapat meminimalkan total persediaan. Selain itu, konsep koordinasi dengan pemasok juga dipertimbangkan untuk meminimalkan biaya persediaan. Data yang diperoleh akan digunakan untuk menghitung jumlah pembelian barang persediaan yang optimal, menentukan waktu pemesanan kembali dengan menggunakan perhitungan Reorder Point (ROP), dan mengestimasi total biaya persediaan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ). Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) dalam mengoptimalkan pengendalian persediaan mereka. Adapun hasil penelitian ini yaitu jumlah optimal pemesanan Bubblepack adalah 138,56 roll per sekali pemesanan.

References

Apriyani, N., & Muhsin, A. (2017). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Metode Economic Order Quantity Dan Kanban Pada PT Adyawinsa Stamping Industries. Opsi- Jurnal Optimasi Sistem Industri, 10(2), 128. https://doi.org/10.31315/opsi.v10i2.2108

Heizer, J., & Render, B. (2016). Manajemen Operasi (11th ed.). Salemba Empat.

Heizer, J., Render, B., & Munsn, C. (2017). Operation Management: Sustainability and Supply Chain Management (12th ed.). Pearson Educaton Limited.

Heizer, J., Render, B., & Munson, C. (2017). Edition, Global Management, Supply Chain (Twelth). Pearson Educaton Limited.

Herjanto, E. (2008). Manajemen Operasi (3rd ed.). Grasindo.

Pujawan, I. N. (2017a). Supply Chain Managemen (Edisi III). ANDI.

Pujawan, I. N. (2017b). Supply Management. PT Gramedia.

Rangkuti, F. (2007). Manajemen Persediaan. PT. Raja Grafindo Persada.

Satmoko, N. D., Rosmayati, S., Vikaliana, R., Arum, L. P. I., Manggabaraini, A. S., Utomo, K. P., Ramadhani, I., Zulfikar, R., Ganika, G., Agustina, T., & Maknunah, L. U. (2020). Manajemen Operasi. Widina.

Simbar, M., Katiandagho, T. M., Lolowang, T. F., & Baroleh, J. (2014). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Kayu Cempaka pada Industri Mebel dengan Menggunakan Metode EOQ. Jurnal Ilmiah.

Sulaiman, F., & Nanda, N. (2015). Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode EOQ Pada Ud. Adi Mabel. Teknovasi, 2(1), 1–11.

Sundah N., M., Jan, A. H., & Karuntu, M. M. (2019). Penerapan Economic Order Quantity (EOQ) Pada PT. Woloan Permai Perkasa. Jurnal EMBA, 7(4), 4661–4670.

Taufiq, A., & Slamet, A. (2014). Pengendalian Persediaan Bahan Baku dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ) pada Salsa Bakery Jepara. Management Analysis Journal, 3(1), 1–6.

Vikaliana, R., Mariam, S., Hidayat, Y. R., & Aryani, F. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja UMKM Melalui Pendampingan Manajemen Persediaan dan Akuntansi Sederhana. Karya Abdi, 5(3), 423–430.

Vikaliana, R., Sopian, Y., Solihati, N., Adji, D. B., & Mulia, S. S. (2020). Manajemen Persediaan. Media Sains.

Yulius, H., & Putra, D. D. (n.d.). Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains dan Pendidikan Informatika V2.i2(220-230) 220 Diterbitkan Oleh Program Studi Pendidikan Informatika STKIP PGRI Sumbar Pengendalian Perencanaan Produksi Premium Dan Harga Pesan Crude Oil Ekonomis Menggunakan Metode Peramalan Dan Economic Order Quantity ( Studi Kasus Di PT Pertamina RU II Dumai).

Downloads

Published

2023-08-18

How to Cite

Warsono, W., Vikaliana, R., & Irwansyah, I. (2023). Pengendalian Persediaan Barang-Barang Penunjang Kerja dengan Metode Economic Order Quantity pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Jakarta. Jurnal Teknologi Dan Manajemen, 21(2), 141-150. https://doi.org/10.52330/jtm.v21i2.122