Analisa Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Musik Studio dengan Metode Servqual

Authors

  • Bernard Hasibuan Universitas Sahid
  • Lisa Ratnasari Universitas Sahid

DOI:

https://doi.org/10.52330/jtm.v19i2.33

Keywords:

Industri studio, kepuasan konsumen, kualitas layanan, persepsi pelanggan, Servqual

Abstract

Semakin tinggi tingkat jumlah studio, dan konsumen yang semakin kritis mengakibatkan persaingan ketat pada dunia bisnis industri studio. Keberhasilan khususnya dibidang jasa  studio musik, bergantung pada kemampuan untuk memenuhi kebutuhan dan selanjutnya untuk memuaskan konsumen. Tujuan penelitian ini ialah mendapatkan faktor-faktor yang mencerminkan persepsi dan harapan pelanggan yang kemudian dihitung dengan metode servqual dan menentukan karakteristik kebutuhan pelanggan untuk meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat memenuhi kepuasan konsumen DM musik studio. Dari pengolahan data yang dilakukan dengan program SPSS 18.0 for windows, maka didapat r = 0,368 dengan variabel persepsi kepuasan konsumen 0,397 dan variabel persepsi harapan 0,422 yang berarti terdapat pengaruh kualitas pelayan terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil analisa maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan sangat berpengaruh dan berperan aktif terhadap kepuasan konsumen DM musik studio.

Downloads

Published

2021-08-28

How to Cite

Hasibuan, B., & Ratnasari, L. (2021). Analisa Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Musik Studio dengan Metode Servqual. Jurnal Teknologi Dan Manajemen, 19(2), 113-116. https://doi.org/10.52330/jtm.v19i2.33