Analisa Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Musik Studio dengan Metode Servqual
DOI:
https://doi.org/10.52330/jtm.v19i2.33Keywords:
Industri studio, kepuasan konsumen, kualitas layanan, persepsi pelanggan, ServqualAbstract
Semakin tinggi tingkat jumlah studio, dan konsumen yang semakin kritis mengakibatkan persaingan ketat pada dunia bisnis industri studio. Keberhasilan khususnya dibidang jasa studio musik, bergantung pada kemampuan untuk memenuhi kebutuhan dan selanjutnya untuk memuaskan konsumen. Tujuan penelitian ini ialah mendapatkan faktor-faktor yang mencerminkan persepsi dan harapan pelanggan yang kemudian dihitung dengan metode servqual dan menentukan karakteristik kebutuhan pelanggan untuk meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat memenuhi kepuasan konsumen DM musik studio. Dari pengolahan data yang dilakukan dengan program SPSS 18.0 for windows, maka didapat r = 0,368 dengan variabel persepsi kepuasan konsumen 0,397 dan variabel persepsi harapan 0,422 yang berarti terdapat pengaruh kualitas pelayan terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil analisa maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan sangat berpengaruh dan berperan aktif terhadap kepuasan konsumen DM musik studio.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Teknologi dan Manajemen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.