Pengaruh Digital Marketing Dan Kulitas Produk Terhadap Tingkat Penjualan Produk UMKM Di Tengah COVID 19 Studi Kasus Di UMKM Depok

Authors

  • Nor Lailla Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Irfan Tarmizi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Windri Muthia Septiani Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52330/jtm.v20i1.51

Keywords:

Digital Marketing, Kualitas Produk, Penjualan, UMKM

Abstract

Sejak ditetapkan status pandemic Covid 19, banyak sektor ekonomi nasional maupun secara internsional sangat berpengaruh. Efek yang terkena imbasnya salah satunya adalah para pelaku UMKM usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pandemi ini  menyebabkan turunnya sisi permintaan sebagai akibat turunnya konsumsi dan daya beli masyarakat. Agar sektor usaha UMKM tidak terpuruk, maka diperlukan strategi dalam menjual produk hasil UMKM tersebut. Langkah efektif yang dipergunakan dengan memanfaatkan digital marketing agar dapat meningkatkan kinerja penjualan terhadap produk UMKM tersebut.. Pelaku UMKM perlu memperhatikan dan meningkatkan kualitas produk yang baik, agar para konsumen puas dan percaya terhadap produk tersebut. Kedua hal tersebut perlu dilakukan oleh pelaku UMKM dengan harapan agar terjadi pembelian ulang terhadap produk tersebut.Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui   pengaruh digital marketing dan kualitas produk terhadap tingkat penjualan produk UMKM. Teknik pencarian data menggunakan data primer dan menggunakan data skunder dengan cara kuesioner. Cara pengambilan sampel dengan  metode convenience sampling yang dhitung dengan rumus Maholtra. Selanjutnya analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan metode regresi linier berganda dengan menggunakan alat yaitu bantu SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah Tidak ada pengaruh Cost (X1)  terhadap tingkat penjualan UMKM (Y), tidak ada pengaruh Incentive program (X2)   terhadap tingkat penjualan UMKM (Y), terdapat pengaruh Site design (X3)   terhadap tingkat penjualan UMKM (Y), tidak ada pengaruh Interactive (X4)   terhadap tingkat penjualan UMKM (Y), terdapat pengaruh Kualitas produk (X5)   terhadap tingkat penjualan UMKM (Y) , Cost (X1), Incentive program (X2),  Site design (X3), Interactive (X4),  Kualitas produk (X5) secara simultan berpengaruh terhadap tingkat penjualan UMKM (Y)..

Downloads

Published

2022-03-15

How to Cite

Lailla, N. ., Tarmizi, I., & Septiani, W. M. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Kulitas Produk Terhadap Tingkat Penjualan Produk UMKM Di Tengah COVID 19 Studi Kasus Di UMKM Depok. Jurnal Teknologi Dan Manajemen, 20(1), 77-88. https://doi.org/10.52330/jtm.v20i1.51