Sosialisasi Penerapan Kompor Briket Arang Sekam Padi Pada IKM Penggilingan Gabah di Kab. Gowa

Authors

  • Masbin Dahlan Politeknik ATI Makassar
  • Windi Mudriadi Politeknik ATI Makassar
  • Ismayati Sutisna Azis Politeknik ATI Makassar
  • Achmad Qodim Syafaatullah Politeknik ATI Makassar

DOI:

https://doi.org/10.52330/jocss.v1i2.190

Keywords:

Sekam padi; briket arang; kompor briket; biomassa; energi terbarukan

Abstract

Limbah sekam padi yang dihasilkan dari proses penggilingan gabah seringkali menimbulkan masalah lingkungan, karena biasanya hanya dimanfaatkan sebagai pakan ternak, disimpan, atau bahkan dibuang begitu saja. Namun, limbah sekam padi sebenarnya memiliki potensi untuk diubah menjadi bahan bakar yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan alternatif solusi terhadap permasalahan ini dengan mengkonversi limbah sekam padi menjadi bahan bakar yang dapat digunakan, terutama melalui briket arang sekam padi, dan penggunaan kompor briket. Kegiatan ini ditujukan kepada pemilik, pekerja, dan masyarakat sekitar PT Talasalapang Agro, khususnya di Desa Gangang Baku, Dusun Bilampang Tanah Karaeng, Manuju Kabupaten Gowa. Pendekatan kegiatan ini melibatkan interaksi dengan staf dan karyawan perusahaan serta memberikan pengetahuan tentang cara membuat kompor briket arang beserta briketnya dan manfaat yang dapat diperoleh dari pengelolaan limbah sekam padi ini. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah pemahaman yang lebih baik oleh staf dan karyawan tentang pentingnya penggunaan limbah sekam padi sebagai sumber energi alternatif, serta pemahaman tentang cara penggunaan kompor briket dan pembuatan briket arang dari sekam padi. Mitra dari kegiatan ini berharap agar program ini dapat berlanjut dan berkembang, bahkan menuju pengembangan kompor briket arang dalam skala yang lebih besar.

References

Agung, W., Pranolo, S. H., Noorochadi, G., & Ratna, L. (2010). Perancangan Dan Uji-Kinerja Reaktor Gasifikasi Sekam Padi Skala Kecil. E K U I L I B R I U M, 9(1), 29–33.

Apollo, A., Nuzul, M., Ode Musa, L., & Nauwir, H. (2012). Rancang Bangun Kompor Gas Berbahan Bakar Sekam Padi Sistem Kontinu Dengan Menggunakan Udara Pembakaran Alamiah.

Arsyad, M., & Maryam Saud. (2020). Evaluasi Tingkat Kualitas Dan Mutu Beras Hasil Penggilingan Padi Di Kecamatan Duhiadaa Kabupaten Pohuwato (Vol. 8).

Bhavanam, A., & C. Sastry, R. (2011). Biomass Gasification Processes In Downdraft Fixed Bed Reactors: A Review. International Journal Of Chemical Engineering And Applications, 2(6), 425–433.

Jamal, J. (2009). Karakteristik Dan Efektivitas Alat Pengering Gabah Dengan Memanfaatkan Bahan Bakar Biomassa Berupa Sekam Padi. Sinergi, 76–84.

Mudiyono, M., & Wasino, W. (2015). Perkembangan Tanaman Pangan Di Indonesia Tahun 1945-1965. In Journal Of Indonesian History (Vol. 4). Retrieved From Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Jih

Pujiastuti, S. L., Hidayat, R., Zulkarnain, Z., & Fajriani, S. (2013). Co-Gasification Downdraft System (Viewed From Fuel Flow Air Toward Syngas Product).

Sulianti, I., Subrianto, A., Rahmadona, E., Yanti, O., & Widya Iryani, A. (2021). Analisis Kuat Beton Geopolimer Menggunakan Fly Ash Dan Abu Sekam Padi. Terapan Bidang Rekayasa Sipil, 9(2), 63–70. Retrieved From Http://Jurnal.Unismabekasi.Ac.Id/Index.Php/Bentang

Sutisna, N. A., Rahmiati, F., & Amin, G. (2021). Optimalisasi Pemanfaatan Sekam Padi Menjadi Briket Arang Sekam Untuk Menambah Pendapatan Petani Di Desa Sukamaju, Jawa Barat. Agro Bali: Agricultural Journal, 4(1), 116–126. Https://Doi.Org/10.37637/Ab.V4i1.691

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Dahlan, M., Mudriadi, W., Azis, I. S., & Syafaatullah, A. Q. (2023). Sosialisasi Penerapan Kompor Briket Arang Sekam Padi Pada IKM Penggilingan Gabah di Kab. Gowa . Journal of Community Services in Sustainability, 1(2), 59-68. https://doi.org/10.52330/jocss.v1i2.190